Cara Mudah Mengatasi dan Mengobati Anjing Keracunan


Tidak jarang apabila terdapat kejadian anjing kesayangan keracunan. Pemelihara anjing pun juga heran, padahal anjing mereka telah dirawat dengan baik. Namun, taukah kalian bahwa anjing sering kali saat keluar kandang akan ingin tahu benda-benda yang ditemuinya. Rasa keingintahuan anjing terhadap benda asing sering kali dengan menggigitnya. Mungkin dari banyak benda yang ditemui si anjing, terkadang ada beberapa yang beracun. Keracunan pada anjing dapat dikenali bila si anjing mengeluarkan air liur berlebihan, muntah, dan diare. Nah, bagi para pemelihara anjing tidak perlu khawatir. Berikut ada tips dalam mengatasi dan mengobati anjing yang mengalami keracunan :
1.      Bersihkan bagian tubuh anjing
Hal pertama dalam mengatasi anjing Anda yang mengalami keracunan adalah dengan membersihkan bagian tubuh anjing seperti kaki dan mulut anjing. Bagian tersebut kemungkinan mengalami kontak langsung dengan benda yang menyebabkan keracunan, sehingga perlu dibersihkan terlebih dahulu. Apabila perlu, Anda dapat menyiram seluruh tubuh anjing untuk menghindari racun masih terbawa di luar tubuh. 
2.      Berikan air kelapa, susu, lemon
Air kelapa dapat membantu meneralkan racun dan mengganti cairan tubuh anjing yang hilang akibat muntah dan diare.
Air lemon juga dapat digunakan dalam mengatasi anjing keracunan. Hanya dengan memberikan 3 sendok air lemon yang dicampur dengan air atau susu.
Susu juga dapat diberikan sendiri yang nantinya dikonsumsi akan melapisi bagian dalam lambung, sehingga dapat mengurangi efek keracunan yang ditimbulkan.
3.      Berikan Norit
     Norit merupakan salah satu obat karbon aktif yang mampu menyerap racun dalam tubuh si anjing. Pemberian Norit hanya dengan 4-5 tablet setiap 6 jam.
4.      Berikan obat antideuretik
Antideuretik seperti furosemide dengan merk dagang Lasix akan membantu racun dalam darah si anjing cepat keluar.
5.      Memberikan putih telur dengan air hangat
Putih telur yang dicampurkan air hangat dapat membantu menghambat penyerapan racun oleh tubuh si anjing. Putih telur akan melapisi lambung si anjing untuk mengulur waktu, sehingga kamu dapat secepatnya membawanya ke dokter hewan.
6.      Bawa ke dokter hewan

Apabila setelah dicoba beberapa cara tersebut si anjing masih terlihat tidak berdaya dan muntah, maka segera bawa ke dokter hewan. Di sana, anjing Anda akan mendapat perawatan yang lebih tepat untuk mengatasi keracunan.
Itulah tips mengatasi anjing kesayangan yang mengalami keracunan. Cukup mudah kan bagi para pecinta anjing? Temukan artikel perawatan hewan peliharaan lain di blog kami ini. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba.

0 komentar: