Cara Mudah Menjinakkan Kucing Liar

Kucing liar yang galak dan penakut pada dasarnya karena jarang berinteraksi dengan manusia yang membuatnya memberikan respon kurang baik. Perhatian yang sering kalian berikan pada beberapa kucing liar akan membuat si kucing semakin lama akan semakin dapat mendekat. Nalurinya untuk percaya dengan anda membutuhkan waktu dan secara bertahap. Nah, berikut beberapa tips dalam menjinakkan kucing liar :
1. Berikan makanan
   
Perhatian terhadap kucing liar diperlukan untuk menarik perhatian si kucing menjadi jinak. Salah satunya dengan memberikan makanan. Pemberian makanan kepada si kucing akan menunjukkan bahwa anda begitu perhatian dengannya walaupun si kucing itu belum pernah berinteraksi dengan anda. Pemberian makanan harus perlahan dengan meletakkannya pada jarak tertentu yang dikehendaki si kucing. Porsi makanan untuk permulaan berikan sedikit terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu porsi makanan yang diberikan ditambah sedikit demi sedikit.

Baca Juga! Cara Merawat Kucing Demam

2. Mendekati si kucing
    Apabila sering memberikan makan membuat si kucing lebih tenang, maka langkah selanjutnya anda perlu menjdekati si kucing. Dekatilah perlahan dengan duduk jongkok pada jarak tertentu menyamping dari si kucing. Jangan duduk di depan hadapan kucing langsung karena ini menunjukkkan sebuah ancaman baginya. 
3. Jangan terburu-buru mengusap kepala 
   
Apabila si kucing mulai dapat didekati dengan jarak yang dekat, jangan  langsung mengusap kepala si kucing. Bisa jadi si kucing memberikan respon negatif pada anda. Anda perlu menunggu 5-7 hari hingga beberapa kali dapat didekati. Mulailah mengusap perlahan, kontak fisik yang ditimbulkan pertama juga dapat membuat si kucing menghindar. Namun, berusahalah untuk tetap ditempat, tidak mengejarnya.
4. Interaksi lebih sering
   
Keseringan anda berinteraksi dengan si kucing akan membantu anda semakin dekat dengannya. Si kucing akan mulai percaya dari beberapa interaksi  anda tanpa menimbulkan ancaman baginya. Sering memegang, menggendong, mengajak bermain, dan memanggilnya akan membuat kucing merasa sangat diperhatikan. 
5. Ajak komunikasi
    Apabila si kucing sudah dapat didekati, diusap, dan dipegang lebih sering, selanjutnya anda perlu mengadakan interaksi dengan si kucing. Interaksi dan komunikasi dapat dengan memanggilnya "puuuss" atau komunikasi lain. Pada dasarnya walaupun tidak sebahasa, namun si kucing juga memiliki naluri untuk percaya pada anda setelah sekian langkah yang coba anda lalui untuk menjinakkannya. 

     Itulah tips menjinakkan kucing liar yang sangat mudah dilakukan oleh siapa pun. Jangan lewatkan tips-tips seputar perawatan hewan peliharaan anda hanya di Animals Care.

0 komentar: