Cara Mudah Merawat Kucing Hutan



Kucing hutan merupakan jenis kucing yang diidamkan para catlovers. Kucing hutan secara hukum dilindungi oleh Undang-undang. Oleh sebab itu, dalam pemeliharaan kucing hutan harus memiliki izin sah, karena segala bentuk jual beli, perburuan, dan pembunuhan kucing hutan dapat dimasukkan dalam tindak pidana. Jika ingin memelihara kucing hutan yang langka ini, anda harus medapatkan izin pemeliharaan dari BKSDA. Bagi catlovers yang ingin memeliharanya, perawatannya cukup mudah. Nah, berikut ada tips dalam pemeliharaan kucing hutan :
1.      Berikan kandang yang hangat
Kandang yang hangat sangat dibutuhkan bagi anakan kucing hutan, karena bila memelihara anakan masih perlu perawatan khusus. Kandang yang terjaga suhunya dengan baik dapat menggunakan penambahan kain ke dalam kandang.
2.      Pengenalan lingkungan baru
Kucing hutan yang terbiasa hidup liar di hutan perlu adaptasi dengan lingkungan barunya. Pengenalan lingkungan barunya dapat dilakukan dengan membiarkan si kucing tetap di dalam kandang untuk beberapa hari sebelum di lepas keluar. Si kucing akan mulai mengatai lingkungan barunya, sehingga bila telah menyesuaikan saat dikeluarkan dari kandang si kucing akan tetap berada di lingkungan tempat tinggalnya yang baru.
3.      Berikan makanan dan susu
Awal pemberian makan kucing hutan dapat anda berikan daging segar. Daging segar dapat berupa daging ayam yang direbus ataupun diberikan mentah. Seiring adaptasinya dengan lingkungan baru, cobalah untuk melatih si kucing dengan memberikan campuran nasi pada makanannya. Secara bertahap untuk porsi daging sedikit dikurangi dan ditambah nasi. Namun, sesekali juga dapat diberikan tambahan potongan daging untuk menambah gizi si kucing sehingga tumbuh gemuk.
Pemberian susu tidak mutlak dilakukan kepada kucing hutan, namun untuk menambah nutrisi bagi si kucing pemberian susu sangat disarankan. Terutama saat memelihara kucing hutan yang masih kecil.
4.      Mandikan kucing
Memandikan kucing hutan yang masih kecil resikonya tinggi karena daya tahan tubuhnya masih lemah. Memandikan kucing hutan sebaiknya pada kucing yang telah berumur minimal 3 bulan. Setidaknya mandikan si kucing minimal sekali dalam seminggu untuk menjaga kucing tetap bersih dan bebeas kutu. Saat memandikan kucing pakailah air hangat dan setelah selesai segera mengeringkan si kucing dengan handuk atau kain.
Itulah cara mudah merawat kucing hutan yang banyak diidamkan catlovers. Selain perawatan kucing hutan, anda juga dapat melihat beberapa tips perawatan hewan peliharaan anda di Animals Care.
Tips Memandikan Kucing

0 komentar: