Cara Mudah Hilangkan Kutu Anjing

Tentunya pada doglovers ingin anjing kesayangannya sehat dan bersih agar tampil lebih indah. Namun, permasalahan yang kerap terjadi adalah tubuh anjing yang dipenuhi dengan bulu lebat juga memicu bagi hunian kutu. Nah, saat ini ada beberapa cara mudah dalam menghilangkan kutu-kutu tersebut :
1. Gunakan shampo antikutu anjing
    Perawatan anjing saat memandikannya dapat ditambahkan dengan penggunaan shampo khusus anti kutu. Shampoo anti kutu anjing ini biasanya mengandung senyawa kimia sejenis piretrin untuk membasmi kutu anjing. Penggunaannya sesuai dengan label pada setiap produk shampo. Umumnya, dimulai dengan membasahi tubuh anjing dengan air hangat. Kemudian mengusapkan shampo merata pada bulu-bulunya. Biarkan kurang lebih selama 10 menit untuk membuat shampo melekat. Setelah itu, barulah membilasnya dengan air hangat.

Penting! Cara Mengatasi Anjing Keracunan

2. Berikan bedak antikutu
    Bedak anti kutu digunakan dengan menaburkannya pada tubuh anjing dan tempat tidur anjing. Bedak antikutu yang berbentuk debu inimembuatnya cepat hilang. Pastikan saat pemberian bedak dapat melekat hingga kulit anjing. Pemaikain mulai dari kepala hingga ke ekor si anjing. 
3. Gunakan semprotan antikutu
    Saat penyemprotan pastikan anda melingdungi tangan dengan sarung tangan untuk menghindari kontaminasi. Semprotkan pada tubuh si anjing dan hindari dari bagian-bagian wajah anjing. Penyemprotan dilakukan pada tempat terbuka untuk mendapatkan sirkulasi udara sehingga tidak terhirup si anjing. Semprotan antikutu ini mengandung senyawa kimia yang dapat menghambat perkembangan kutu.
4. Mandikan dengan lemon dan obat antikutu
    Lemon dapat digunakan dalam pembasmian kutu anjing karena kandungan limenene. Pembuatannya dengan memanaskan air hingga sedikit panas. Lemon dimasukkan ke dalam air pada panci dan tunggu selama 10 menit. Setelah itu matikan api dan biarkan hingga semalam. Keesokannya untuk memandikan si anjing. Gunakan sisir dan sponge bagi snjing jenis Siberian Husky dengan bulunya yang lebat.

     
Saat memandikan anjing, campurkan air dengan obat anti kutu. Tidak hanya dengan memandikannya, bila perlu si anjing di rendam beberapa menit pada bak berisi larutan anti kutu tersebut. Kutu akan mati bila terendam larutan yang membasmi kutu. 
5. Usapkan laurtan cuka putih
   
Cuka dengan karakteristiknya yang asam akan membantu membasmi kutu dan telur kutu yang melekat pada lapisan kulit anjing. Penggunaannya mudah, untuk anjing berat 45 kg hanya dengan melarutkan 1 sendok cuka ke dalam 1 liter air. Usapkan larutan cuka dan sedikit pijatan hingga mengenai lapisan kulit anjing.

 Itulah cara mudah dalam membasmi kutu anjing kesayangan anda. Bebas kutu berarti anjing anda akan sehat selalu. Lihat beberapa tips perawatan hewan peliharaan lain di Animals Care. 


0 komentar: