Cara Mudah Memandikan Kucing



Perawatan kucing yang sangat penting dilakukan adalah saat memandikan si kucing kesayangan anda. Bulu lebatnya yang anggun membuat catlovers harus pandai-pandai dalam merawatnya. Memandikan kucing anda dapat membantu menghilangkan bau, kotoran, dan mencegah adanya kutu pada si kucing. Memandikan kucing tidak asal memandikan karena dapat membuat si kucing menggigil kedinginan. Apalagi kalau si kucing takut dengan air. Nah, Animals Care akan berbagi tips nih untuk para catlovers. Berikut tips dalam cara memandikan kucing dengan aman :
1.      Persiapkan bahan yang diperlukan
Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan dalam memandikan kucing berupa ember yang diisi air hangat, shampoo, handuk lembut, sisir.
2.      Basahi seluruh tubuh kucing
Basahi seluruh tubuh kecing dengan air hangat, namun jangan sampai air masuk ke dalam telinga kucing. Saat membasahi bagian kepala sebaiknya tidak diguyur air banyak, namun dengan mengusapkan air hangat menggunakan tangan sedikit demi sedikit. Pastikan air hangat membasahi hingga ke kulit tubuh kucing.
3.      Usapkan shampoo merata pada tubuh kucing
Berikan shampoo khusus kucing saat memandikan si kucing. Pilihlah shampoo yang baik seperti shampoo untuk anti bulu rontok. Beberapa shampoo yang disarankan seperti Virbac Sebazole shampoo kucing, D&C shampoo, dan shampoo Miconazole. Saat menyampo bulu-bulu si kucing, hindari terkena bagian mata, hidung, mulut, dan telinga. Pengusapan merata dengan sedikit pijatan supaya si kucing juga nyaman sembari shamponya meresap ke akar bulu kucing.
4.      Bilas tubuh kucing dengan air bersih
Bilas dengan air hangat yang masih bersih untuk menghilangkan shampoo pada tubuh kucing. Kucing kan sangat suka menjilat bulunya, nanti kalau shamponya masih dapat ikut terjilat sama si kucing.
5.      Keringkan dengan handuk
Keringkan bulu-bulu si kucing dengan handuk lembut. Pengusapannya dilakukan perlahan hingga bulunya kering. Beberapa jenis kucing juga menyukai bila dikeringkan menggunakan hair dryer atau blower. Penggunaan hair dryer ataupun blower akan mengeringkan lebih cepat daipada dengan handuk. Tergantung si kucing anda sukanya yang mana.
6.      Sisir bulu kucing
Setelah bulu kering, untuk lebih rapinya anda dapat menyisir bulu kucing secara perlahan.
Mudah kan memandikan si kucing dengan aman. Setelah memandikan selesai, biasanya cat lovers juga sekalian membersihkan telinga si kucing. Pembersihannya cukup mudah, hanya dengan baby oil dan cotton buds untuk membersihkan telinga si kucing. Perbersihan secara perlahan dan hindari pembersihan terlalu dalam. Kucing anda sekarang akan tampil wangi dan bersih.


0 komentar: