Tips Mudah Merawat Kucing Kesayangan Demam

Kucing merupakan hewan peliharaan kesayangan yang sangat Anda perhatikan. Seolah-olah kucing telah menjadi teman keseharian Anda. Apalagi bila hewan kesayangan Anda ini mengalami sakit seperti demam. Layaknya manusia, kucing juga dapat mengalami demam dan membutuhkan perhatian lebih dari tuannya. Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi bila kucing Anda mengalami demam. Berikut tips yang dapat Anda terapkan untuk cara merawat kucing saat demam :
1. Berikan air putih
     Tubuh kucing yang demam secara langsung suhu tubuh kucing juga akan meningkat. Demam akan membuat tubuh kucing akan membutuhkan air lebih banyak dan dapat membuat kucing Anda mengalami dehidrasi. Nah, untuk mencegah dehidrasi saat kucing Anda demam, maka Anda perlu memberikan air minum yang cukup terutama air putih.  
2. Berusaha mendinginkan tubuh kucing
     Cara alami yang kedua yakni dengan berusaha mendinginkan tubuh kucing. Mendinginkan tubuh kucing akan membantu menurunkan suhu tubuh kucing Anda. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membawa ke tempat-tempat sejuk atau dengan meletakkan kipas angin ke arah tubuh kucing. Dengan begitu, kucing Anda akan merasa lebih dingin dari demamnya.
3. Berikan suplemen dan vitamin

   Kucing demam tentu akan membuat kucing Anda akan merasa lemas dan sedikit makan karena kurang sehat. Nah sebagai catlovers, Anda dapat memberikan suplemen energi dan vitamin B untuk menambah tenaga dan nafsu makan si kucing. Sumplemen energi dan vitamin B yang diberikan akan membuat kucing Anda juga mendapat tambahan nutrisi yang bagus dan jarang terdapat pada makanan kucing umumnya.
4. Berikan obat antidemam  
 
     Apabila cara alami dirasa kurang, Anda dapat memberikan beberapa obat demam yang aman bagi kucing Anda diantaranya Tolfenamic acid dan Meloxicam. Teolfenomic acid salah satu obat pereda demam kucing yang sangat aman bagi kucing kesayangan Anda. Bagimana dengan dosisnya?
Dosis disesuaikan kondisi kucing Anda, dosis Tolfenamic acid umum 1 tablet untuk 3-5 hari. Apabila si kucing memiliki berat 1,5 kg, Anda dapat memberikan 1 tablet setiap harinya dan kucing dengan berat 4-5 kg dapat diberikan 3 tablet sehari.
Nah, kalau obat Meloxicam ini sama halnya denga Tolfenamic acid. Namun, dosis untuk kucing Anda hanya 0,5 mg/ml Meloxicam diberikan setelah makan. Pemberian Meloxicam tidak boleh saat si kucing kekurangan cairan. Ini dapat menyebabkan kucing kesayangan Anda alami gagal ginjal karena kurang cairan sehingga fungsi ginjal melemah dan aliran darah ke ginjal kurang. 
5. Bawa ke dokter hewan
   Apabila si kucing tak kunjung sembuh setelah dicoba beberapa cara, cara terakhir harus membawa si kucing ke dokter hewan. Denga dibawa ke dokter hewan, si kucing akan mendapatkan perawatan lebih baik. 

Itulah 5 tips mudah merawar kucing kesayangan demam. Bagaimana? Mudahkan merawat si kucing kesayangan Anda saat demam. Tak perlu khawatir lagi bagi para catlovers, kucing kalian aman.

0 komentar: