Inilah Pertolongan Pertama Ketika Anjing Kita Keracunan

Anjing sering kali memakan sesuatu tanpa mengetahui benda yang digigitnya beracun atau tidak. Apabila si anjing kesayangan Anda telah menunjukkan gejala air liur yang berlebih, lemas, mulut berbusa, dan diare segera ambil tindakan untuk menyelamatkannya. Makanan atau benda lain yang beracun akan membawa racun ke dalam lambung si anjing. Pertolongan pertama perlu diberikan kepada hewan kesayangan anda agar dapat mengulur waktu racun terserap tubuh si anjing. Saat memberikan pertolongan terhadap hewan kesayangan anda, diharapkan anda juga memperhatikan kebersihan diri anda agar menghindari racun yang mungkin masih terdapat di tubuh si anjing. 
1. Bawa anjing di tempat yang sejuk
    Anjing yang keracunan sering mengalami lemas bahkan bisa hingga pernafasan yang sesak. Asupan oksigen yang cukup diperlukan pada kondisi tubuh yang keracunan. Bawalah si anjing ke tempat yang sejuk dan terhindar dari bahan beracun sebelumnya. Udara yang sejuk akan menambah asupan oksigen ke dalam tubuh si anjing yang akan membuat anjing tetap bernafas ringan.
2. Bersihkan mulut anjing

    Racun yang masuk ke dalam tubuh anjing pasti akan melalui mulut. Hal pertama yang harus dilakukan dengan membersihkan bagian tubuh anjing yang berkontak dengan racun. Pembersihan cukup dengan menguras mulut dengan air bersih. Cara membersihkan kepala si anjing harus mengarah ke bawah agar air kotor dari mulut anjing dapat langsung keluar, tidak masuk ke lambung.
3. Keluarkan isi lambung anjing
    Racun akan masuk dari mulut ke dalam lambung anjing. Sebelum racun terserap tubuh anjing, berusahalah agar anjing dapat memuntahkan isi perutnya. Dapat juga dengan memasukkan selang ke dalam lambung anjing melalui mulut. Selang dialiri air kelapa ke dalam lambung anjing dan kemudian menyedot keluar melalui selang untuk mengeluarkan racun-racun di dalam lambung anjing. 
4. Berikan obat karbon aktif
    Setelah dapat mengeluarkan isi lambung atau membuat anjing muntah, Anda dapat menambahkan obat berbahan karbon aktif untuk menyerap sisa racun di dalam lambung si anjing. Obat yang kaya karbon aktif seperti Norit. Setelah itu, anda dapat segera membawa hewan peliharaan kesayangan anda ini ke dokter agar dapat ditangani lebih lanjut. 

Itulah tips-tips pertolongan pertama yang dapat diberikan pada si anjing yang keracunan. Mudahkan teman? Cepat tanggap pada hewan peliharaan anda akan menyelamatkannya. Yuk ikuti tips-tips perawatan hewan lainnya hanya di Animals Care. Semoga bermanfaat.

0 komentar: